01 May 2011

Wilayah Indonesia menggunakan hangul

 Wilayah Indonesia menggunakan hangul

Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia merupakan negara dengan beraneka macam suku bangsa, setiap suku bangsa memiliki bahasa yang berbeda. Walaupun dalam keseharian mereka menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, dalam acara formal mereka memakai bahasa Indonesia (misalnya dalam lingkungan sekolah atau kantor). Tapi apa kamu tahu ada sebuah suku di Indonesia yang menggunakan hangul??

Di sebuah suku pedalaman di Kota Bau Bau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, yang bernama suku Cia-Cia menggunakan tulisan hangul Korea untuk dijadikan alfabet resmi mereka. Ini pertama kalinya bahasa Korea menjadi alat resmi untuk komunikasi di luar teritori Korea. Pada awalnya suku cia-cia menggunakan  Bahasa Cia-Cia atau Bahasa Buton Selatan sejenis bahasa austronesia.


Gagasan untuk menggunakan Hangul muncul ketika seorang peneliti Korea Selatan mengunjungi Bau-Bau untuk sebuah konferensi internasional pada tahun 2005. Mereka melihat bahwa Korea dan Cia-Cia memiliki kesamaan dalam pengucapan. Setelah mendengar temuan tersebut pada bulan Juli 2008, lembaga Lembaga riset Hunminjeongum menandatangani Nota Kesepahaman dengan suku Cia-cia untuk menggunakan Hangeul sebagai alat komunikasi resmi mereka, dan sebagai tindak lanjut, lembaga riset itu menerbitkan buku pelajaran untuk suku itu untuk belajar bahasa Korea bahkan sejumlah guru dikirim ke sebuah universitas di seoul untuk belajar, dengan dukungan dari Korea Selatan.

buku pelajaran mereka
Pelajaran mengenai hangul dimulai pada bulan Agustus, sejumlah siswa telah belajar bagaimana menulis dengan menggunakan Hangul. Saat ini para siswa juga belajar kosakata dan tata bahasa Korea, sehingga dapat memberikan salam dan melakukan percakapan sederhana dalam bahasa Korea.
"Aku terkejut ketika aku melihat script Hangul untuk pertama kalinya, namun secara bertahap menjadi menyenangkan untuk belajar," kata salah seorang siswa. "Saya ingin pergi dan belajar di Korea Selatan dan bekerja untuk Korea Selatan dan Indonesia di masa depan." Tandasnya.

Wah, jadi ga perlu jauh-jauh kalau mau belajar hangul ke Korea, pergi ke Pulau buton aza. (Tapi kalo saya lebih milih ke Koreanya langsung, coz bisa jalan-jalan di seoul).

0 Celoteh

Post a Comment

Hello.. Thank you for commenting.. ( ◕◡◕)ノ ✿
your comments is my spirit and really made my day (ღ˘⌣˘ღ) ♫・*:.。. .。.:*・
__Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish__