14 July 2012

merubah template, jumlah visitor bisa berkurang, qo bisa??

sudah seminggu setelah ganti template dari yang lama ke template yang baru ini, tiba-tiba Qu merasa ada kejanggalan di blog ini. Karena setelah ganti template, jumlah pengunjung blog Qu sepi padahal dulu rame.
Qu tahu blog Qu tiba-tiba jadi naik drastis karena Qu liat di statistiknya dan juga alexa rank Qu naik jadi 7 juta yang tadinya sekitar 5 juta dan sempat menyentuh sekitar 4 jutaan. padahal susah banget untuk menurunkannya alexa rank (bagi Qu loh). bagi yang tidak tahu mengenai alexa, Alexa adalah website independent dan juga trusted site yang menjadi indikator kepopuleran suatu website atau blog. baca postingan Qu yang ini

Qu coba pikir-pikir kenapa ya???

apa karena sekarang ini udah jarang update.

Tapi ga juga buktinya jumlah followersnya tambah banyak, banyak komen pula, dan alexa rank pun sempat naik. setelah dipikir-pikir apa karena templatenya coz sebelumnya blog ini ga pernah turun drastis kaya gini, apalagi ini template ini bisa dikatakan Qu buat sendiri coz selama ini pake template buatan orang lain (bukan dari blogger). Dulu Qu ga begitu sadar sech setelah ganti template blog ini jadi turun atau ga coz dulu waktu ganti template blog ini masih sedikit jumlah pengunjungnya tidak seperti sekarang.

karena penasaran akhirnya Qu coba cari info mengenai hal ini.

Owalah.... teryata ada yang bernasib sama seperti yang Qu alami ini, pengunjung blognya berkurang setelah merubah template blognya.

Walaupun Qu udah setahun berkutat dengan dunia blog, dan ini yang ketiga kalinya Qu ganti template Hehehe ... aye baru tahu mengenai hal ini.... *kemana aje neng???*


Dan teryata..........eh,,,,,,, teryata.......

katanya merubah template bisa merubah SEO dan jumlah visitor. Yang tadinya 1k/ hari cuma jadi puluhan.  Terus, artikel kita yang tadinya gampang terindeks, bisa aja jadi susah terindeks.

Ada yang bilang, ganti template itu sebaiknya jangan lebih dari 3 kali setahun. (untung baru 3 kali)

Terus kenapa sih bisa gitu merubah template bisa mengurangi jumlah visitor?

Merubah template berarti merubah kode-kode HTML, optimasi seperti (penambahan meta tags, kode verifikasi Google, kode dari Google analytics, dsb) apalagi kalau udah merubah jumlah side bar.

Ada kemungkinan beberapa saat setelah mengganti template dan melakukan perubahan yang signifikan, beberapa kata kunci yang telah dioptimasi dan biasanya ada di peringkat atas SERP menjadi hilang atau turun peringkat. Hal itu bisa mengakibatkan jumlah pengunjung turun.

Logikanya gini deh, Spider google jalan-jalan di blogmu.Template pertama blogmu sidebar nya disebelah kanan dengan urutan widget 1,2,3,4. Lalu kamu ubah template blogmu dengan sidebar di kiri dengan urutan widget 2,4,3,1.... Nah, otomatis susunannya berubah kan?

Waktu si Spider google coba berkunjung lagi ke blogmu, pasti akan kaget dan bingung. Kok berubah ya? Dikiranya dia salah alamat... Hahah *Ini pendapatku. Tapi masuk akal juga sech ^^*

Tapi tenang, perubahan pengunjung ini bersifat sementara sampai si spider kembali bisa menjelajahi blogmu sampai hapal. Karena itu, disarankan setelah ganti template terus lakukan update konten juga agar Google kembali mengindex halaman blogmu.

Bagaimana dengan kalian???
adakah yang mengalami hal serupa seperti Qu??

28 Celoteh:

  1. Astaga, ada yang begitu juga ya (´_`。)
    aku kurang merhatiin hehehe abisnya bikin blog buat corat coret alakadarnya aja sih, nice info arigato ne ~ ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Qu juga baru tahu (T_T).
      Dou-itashimashite (bener ga ya bhs jepangnya)

      Delete
  2. ooh begitu toh ternyataa... pantes aja statistik blog menurun drastis setelah ganti template..

    nice share Any :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. youko juga, berarti qt senasib donkz (T_T) huhuhu....

      sama-sama ^^,

      Delete
  3. ow begitu, baru tahu saya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru tahu setelah menggati template yang ini.

      Delete
  4. baru tau hoho ya ampun ternyata ada aturannya juga toh, jarang liat visitor juga sih jadi ngga tau turun atau naiknya. waah ngga lagi-lagi deh ganti templete sering-sering ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz ga sering-sering ganti tempalte paling ganti gambarnya aza.
      oiy bang uzay udah Qu buatin kursor kucingnya, maaf lama coz lagi benerin blog. kalau ga jadi juga ga apa-apa qo.. coz Qu liat di blognya udah pake kursor kucing.

      Delete
    2. klik widget blog(letaknya diatas judul), terus pilih cute cursor.

      Delete
  5. ternyata "
    kalau wiget gimana pengaruh tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga coz kalo kebanyakan wiget blognya jadi berat, saat pengunjung membuka blog qt loadingnya menjadi lama dan ada kemungkinan pengunjung akan menutup (close) halaman blog qt karena lemot (lama).

      Delete
  6. saya kurang tahu letak kesalahannya ada dimana..

    tapi saya rasa mungkin karena kurang BW mungkin..?
    yang jelas jumlah pengunjungnya berkurang..

    kalo dari widget rasanya tidak ada problem.. atau mungkin ada kode2 lama yang memang didesain untuk menarik pengujung, seperti metatag begitu tapi malah dirubah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BW itu apa ya??

      bisa juga, katanya meta-tag itu bisa Untuk mempermudah akses spider ke blog dan apabila ada postingan yang baru dibuat bisa jadi cepat terindeks oleh google. tapi dari dulu saya ga pernah pake metatag.

      Delete
  7. ya memang begitu tu, soalnya struktur sama isi blog kita jadi berubah, makanya perlu index ulang walau ga sepenuhnya' yang penting blog tu mudah dibaca dan di navigasi

    ReplyDelete
  8. Merubah template memang membawa dampak penurunan visitor sahabat, hal itu saya rasakan sendiri karena beberapa hari yang lalu berganti template visitornya menurun dari biasanya. Tetapi kalau masalah SEO nya saya kurang paham kan hal tersebut.
    Baru berganti template yang kedua kali sampai saat ini sejak mengenal dunia blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow begitu ya ^^, sebenernya saya sendiri juga ga tahu seo, cuma pernah baca-baca aza.

      Delete
  9. owalah.. aku baru tau.. padahal aku sering banget ganti template, mungkin udah berpuluh kali.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, berarti udah lama ngeblog dong....

      Delete
  10. informasinya bermanfaat banget..^^

    ReplyDelete
  11. Saya blogger baru nih.. Meta-tag itu apa ya? #gaptek euuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau Qu (maap ye kalo so tau) meta tag itu berisi kode-kode yang berisi mengenai blog agar lebih mudah untuk di deteksi oleh search engine example om google, dan meta tag itu pengaruh terhadap seo. kalo mau lebih lengkap mengeai meta tag coba search aja...

      Delete
  12. kenapa penyesalan sekaku diakhir T_T kenapa postnya mba baru gua buka setelah gua ganti template hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. puk puk puk *tepuk pundak hamid.
      it's okay kalo ga ganti template kan ga tahu.
      apakah alexa ank blog kamu menurun?? well, kalau di saya tepat seperti yang saya possting tapi kemaren saya baca ddi blog lain katanya tidak juga asalkan meta tag dan yang lain tidak berubah. malahan kalau template yang lama diganti template baru yang seo friendly bisa meningkat loh...

      Delete
  13. Huhuuu...kasus yg sama, dan sempat balik lagi ke template lama. Hrs berkorban tak ikut lomba krn style lama g bs pasang banner di kiri. Br kemarin nekad ganti lagi. Meski sepi pengunjung tp g apa apa deh,cukup lega stlh tau nanti bs normal lg. Thanks yaa...Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergntung templatenya juga kalau kamu ganti ke template yang lebih seo friendly dan responsif pasti lebih cepat dan banyak menarik pengunjung untuk datang ke blog kamu.

      Delete

Hello.. Thank you for commenting.. ( ◕◡◕)ノ ✿
your comments is my spirit and really made my day (ღ˘⌣˘ღ) ♫・*:.。. .。.:*・
__Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish__